Popular Posts

KURSUS BAHASA INGGRIS & MANDARIN TERKEREN





DEPOK,29 April 2019
Kita lihat dulu sejarah bangsa Cina yang adalah bangsa dengan kemajuan tertua di dunia.

Sejarah Tiongkok ialah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, wilayah Tiongkok sudah didiami oleh insan purba semenjak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Tiongkok bermula dari sekian banyak  negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum.

Sejarah tertulis Tiongkok dibuka sejak Dinasti Shang (k. 1750-1045 SM). Cangkang kura-kura dengan aksara Tionghoa kuno yang berasal dari Dinasti Shang mempunyai penanggalan radiokarbon sampai 1500 SM. Budaya, sastra, dan filsafat Tiongkok berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045-256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini adalahdinasti yang sangat lama berkuasa dan pada zaman dinasti berikut aksara Tionghoa canggih mulai berkembang.


Meski bangsa Cina sudah mengawali peradaban jutaan tahun silam, urusan tersebut tidak menciptakan bahasa Mandarin populer ke semua belahan dunia. Alasannya sebab bangsa Cina tidak jarang kali berkutat pada perseteruan antar dinasti.

Dalam kurun masa-masa yang panjang tersebut, bangsa Cina tidak sedikit didatangi sekian banyak  negara yang hendak belajar. Bahkan pepatah Arab melafalkan anjuran guna menuntut ilmu ke negeri Cina. Status ini pula yang menjadikan bangsa Cina sebagai tuan rumah untuk bangsa-bangsa. Bangsa Cina tidak gemar mengembara layaknya bangsa Eropa.

Bahkan kemajuan Cina canggih baru dibuka pada tahun 1900an. Sangat jauh dikomparasikan bangsa pengembara seperti Inggris, Perancis, dan Belanda yang telah sukses membina koloni di tahun yang sama.


Quote:
Penyebaran Tidak Merata

Mampukah Bahasa Mandarin Menyaingi Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional?

Seperti yang sudah dilafalkan di pembuka, walau penutur bahasa Mandarin lebih tidak sedikit dari bahasa Inggris, namun untuk penyebaran bahasa Mandarin sendiri belum dapat disandingkan dengan bahasa Inggris.

Berikut data penyebaran kedua bahasa itu sebagaimana dikutip Wikipedia:

MANDARIN

Jumlah Penutur: 867,2 juta orang

Dituturkan di:
1. Republik Rakyat Tiongkok,
2. Taiwan,
3. Singapura,
4. Indonesia,
5. Malaysia, dan
6. Komunitas keturunan Cina lainnya di semua dunia

Bahasa sah di:
1. Cina
2. Taiwan
3. Singapura
4. PBB


INGGRIS

Jumlah Penutur: 380 juta orang

Ditururkan dan adalahbahasa sah di:
1. 54 negara
2. 27 entitas tidak berdaulat
3. Berbagai organisasi seperti:
- PBB
- Uni Eropa
- Negara Persemakmuran
- Dewan Eropa
- GUAM
- ICC
- IOC
- ISO
- NATO
- NAFTA
- OAS
- OECD
- OIC
- OPEC
- PIF
- UKUSA

Setelah menyaksikan data statistik di atas, paling jelas kenapa bahasa Mandarin belum dapat menyaingi bahasa Inggris dalam urusan pemakaian. Sebagaimana diketahui, kriteria penetapan sebuah bahasa sebagai bahasa internasional ialah ketika bahasa itu aktif dipakai di sekian banyak  negara di belahan dunia.

Perbandingannya sendiri paling jauh di mana bahasa Mandarin hanya dipakai oleh 3 negara di Asia sebagai bahasa resmi sementara bahasa Inggris sedikitnya 54 negara yang tersebar di sekian banyak  benua.

Organisasi internasional yang memakai kedua bahasa tersebut pun mempunyai perbedaan yang paling mencolok.


Quote:
Sistem Penulisan

Mampukah Bahasa Mandarin Menyaingi Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional?

Tak melulu masalah penyebaran yang menciptakan bahasa Mandarin kalah populer. Sistem penulisan bahasa Mandarin pun menjadi dalil mengapa bahasa itu kalah populer dibanding bahasa Inggris.

MANDARIN

Sistem penulisan bahasa Tionghoa/ Mandarin beberapa besar ialah logografis, dengan kata lain setiap aksara mengekspresikan suatu bagian kata yang adalahsuku kata tunggal. 90% daripada bagian-bagian kata dalam bahasa Tionghoa ialah bersuku kata tunggal. Tetapi mayoritas ucapan-ucapan modern memiliki suku kata lebih dari satu (multisyllabic) dan multigrafis.

Kata-kata multisyllabic memiliki logogram terpisah untuk masing-masing suku kata. Beberapa -bukan semua- aksara Han ialah ideograf, namun banyak sekali aksara Han mempunyai format yang menurut pengucapannya daripada artinya, jadi mereka tidak langsung mengekspresikan idenya.


Bentuk Aksara Tionghoa

Saat ini terdapat dua standar guna aksara Tionghoa. Satu ialah sistem Tradisional yang dipakai di Taiwan, satunya lagi ialah sistem Sederhana (yang dikembangkan oleh pemerintah Tiongkok pada tahun 1950-an) yang digunakan di Tiongkok dan Singapura.

Untuk Hong Kong dan Makau, kedua negara itu umumnya memakai sistem Tradisional tetapi mereka sudah mengadopsi format yang disederhanakan juga. Sebagian besar dari versi yang disederhanakan berasal dari penyederhanaan yang telah diputuskan sejak dahulu tetapi jarang digunakan.

Di Taiwan, penyederhanaan dipakai ketika aksara/ karakter Tionghoa ditulis tetapi dalam format cetak, sistem Tradisional-lah yang digunakan. Di samping itu, pun ada penyederhanaan yang dilaksanakan secara individu oleh orang-orang.
wikipedia.org


INGGRIS

Bahasa Inggris sendiri penulisannya memakai huruf huruf yang tidak sedikit digunakan di sekian banyak  belahan dunia. Hal ini pasti saja mempermudah siapapun yang hendak mempelajari bahasa Inggris. Bahkan andai seseorang tidak dapat berbahasa Inggris sama sekalipun masih dapat untuk menyimak suatu kata walau ada bisa jadi salah dalam pelafalan.

Hal ini sangat bertolak belakang jika orang yang tidak dapat berbahasa Mandarin, maka ia tidak akan dapat menebak laksana apa pelafalan ucapan-ucapan yang ditulis dalam aksara tersebut.


Quote:
Pusat Studi Bahasa

Mampukah Bahasa Mandarin Menyaingi Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional?

Dalam urusan ketersediaan lembaga penyedia pembelajaran bahasa Madarin dan bahasa Inggris di Indonesia, dapat disaksikan bahwa bahasa Inggris pun masih lebih populer dibanding bahasa Mandarin.

Hal ini dapat disaksikan dari level lembaga yang meluangkan pelajaran untuk kedua bahasa tersebut. Di lembaga formal, bahasa Inggris dimasukkan dalam kurikulum sementara bahasa Mandarin tidak. Di samping itu, lembaga non formal seperti tuntunan belajarpun tidak sedikit terdapat latihan bahasa Inggris yang pasti saja sejalan dengan kurikulum.

Lantas di mana lembaga yang meluangkan layanan pengajaran bahasa Mandarin? Berikut susunan tempatnya sebagaimana dikutip Wikipedia:

Bahasa Mandarin di Indonesia dipelajari sebagai program studi di sejumlah universitas dan akademi, baik negeri maupun swasta, antara beda di:
1. Universitas Indonesia (S-1, S-2, dan S-3)
2. Universitas Darma Persada (S-1 dan D-3)
3. Universitas Sebelas Maret Surakarta (D-3)
4. Universitas Bina Nusantara (S-1)
5. Universitas Bunda Mulia (S-1)
6. Universitas Kristen Maranatha (S-1)
7. Universitas Kristen Petra (S-1)
8. Universitas Brawijaya (S-1)
9. Universitas Negeri Malang (S-1)
10. Akademi Bahasa Asing Internasional (D-3)
11. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (S-1)

Di samping itu, semenjak dimulainya era Reformasi, sejumlah sekolah pun telah mulai menyisipkan bahasa Mandarin sebagai di antara mata latihan bahasa di samping bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


Belajar bahasa Mandarin di luar Indonesia

Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan semenjak lama mengadakan pendidikan bahasa guna pelajar internasional. Pusat-pusat bahasa seringkali adalahbagian dari fakultas bahasa suatu universitas dan menyelenggarakan tidak sedikit kelas pelatihan dalam jangka masa-masa tertentu. Bagi pelatihan laksana ini, Pusat bahasa akan menyerahkan sertifikat ijazah resmi namun tanpa gelar.

Untuk mendapat gelar, murid harus menuntaskan S-1 bahasa Mandarin yang lazimnya 4 tahun.

Badan akademisi familiar yang mengadakan program pembelajaran bahasa ini seperti:
1. Universitas Budaya dan Bahasa Beijing (北京語言大學), di Beijing, RRT
2. Universitas Nasional Normal Taiwan (國立台灣師範大學), di Taipei, Taiwan

Program kuliah guna bahasa Mandarin seringkali adalah pendidikan sah dengan ijazah tingkat S-1, S-2 dan S-3.




No comments:

Post a Comment